soal dan jawaban belajar dan pembelajaran
oleh
Nama : santi
Nim : 1201402154
kelas : IV.D
tugas ini di buat untuk memenuhi tugas final belajar dan pembelajaran
1.Pengertian
a.
Belajar menurut slameto adalah proses usaha yang dilakukan seseorang
untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara
keseluruhan,sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan
lingkungannya.
b.
Belajar menurut W.S Wingkel adalah perubahan
psikis yang berlangsung dalam interaksi
aktif individu dengan lingkungannya dan menghasilkan perubahan dalam
pengetahuan,pengalaman,keterampilan,nilai,dan sikap yang bersikap konstan dan
tetap.
c.
Pembelajaran menurut gagne adalah serangkaian
peristiwa eksternal peserta didik yang dirancang untuk mendukung proses
internal belajar.
d.
Motivasi adalah Keseluruhan daya
penggerak di dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu yang menjamin kelangsungan dan memberikan
kegiatan belajar sehingga di harapkan tujuan dapat tercapai.
e.
Pembelajaran adalah sekumpulan
proses yang bersifat individual, yang merubah stimuli dari lingkunan seseorang
ke dalam sejumlah informasi yang diperoleh, yang selanjutnya dapat menyebabkan
adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang.
f.
Belajar adalah Proses interaksi antara
peserta didik dengan lingkungan sekitarnya untuk memperoleh perubahan tingkah
laku sebagai usaha untuk mewujudkan tujuan yang dicapai.
2.Ciri – ciri,Tujuan,dan Fungsi
dari;
a.
Belajar
·
Ciri ciri belajar;
Ø Merupakan
upaya sadar dan disengaja.
Ø Belajar
harus membuat siswa belajar.
Ø Tujuan
harus ditetapkan terlebih dahulu sebelum proses dilaksanakan.
Ø Pelaksanaannya
terkendali, baik isinya, waktu, proses maupun hasil.
·
Tujuan belajar adalah sejumlah hasil belajar yang menunjukkan
bahwa seseorang telah melakukan tugas belajar, yang umumnya meliputi
pengetahuan,keterampilan dan sikap-sikap yang baru, yang diharapkan tercapai
oleh seorang pelajar.
·
Fungsi belajar adalah;
Ø Belajar
sebagai sistem maksudnya sejumlah komponen yang terorganisir meliputi tujuan
belajar, materi belajar, strategi dan metode belajar, media belajar/alat
peraga, pengorganisasian kelas, evaluasi belajar, dan tindak lanjut belajar
(remedial dan pengayaan).
Ø Belajar
sebagai proses: Rangkaian upaya atau kegiatan guru dalam rangka membuat siswa
belajar meliputi Persiapan, pelaksanakan kegiatan belajar
dan menindaklanjuti belajar.
b.
CBSA.
·
Ciri – ciri CBSA;Menggunakan berbagai
macam metode yang menitik beratkan
kepada keaktifan yang bersifat fisik, mental, emosional maupun intelektual
untuk mencapai tujuan pendidikan yang berhubungan dengan wawasan kognitif,
afektif dan psikomotor secara optimal.
·
Tujuan CBSA untuk
menumbuhan dan mengembangan sejumlah keterampilan tertentu pada diri peserta
didik agar mereka mampu memproses informasi sehingga ditemukan hal-hal yang
baru yang bermanfaaat baik berupa fakta, konsep, maupun pengembangan sikap dan
nilai.
·
Fungsi CBSA agar peserta didik dapat
mengembangkan keterampilan yang dimiliki yang dapat bermamfaat bagi dirinya dan
orang lain pula.
c.
Pembelajaran
·
Ciri – ciri pembelajaran ;
Ø Mempunyai
subjek belajar yaitu kegiatan pembelajaran dan peserta didik.
Ø Terdapat
materi pelajaran,baik dari strategi yang
digunakan maupun media pembelajaran.
Ø Mempunyai
rumusan tujuan tertentu.
·
Tujuan pembelajaran untuk
mempermudah dalam menentukan kegiatan pembelajaran yang tepat diharapkan
setelah PBM (Proses Belajar Mengajar) akan memeperoleh hasil belajar dan dampak
pengiring berupa kognitif, afektif, dan
psikomotorik
·
Fungsi pembelajaran sebagai acuan yang memberikan gambaran kepada
seseorang untuk mengembangkan keterampilan belajar yang dimiliki berdasarkan
pengalamannya.
d.
Kurikulum.
·
Ciri – ciri kurikulum;
Ø Isi atau konten kurikulum
yaitu kompetensi dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) satuan pendidikan
dan kelas, dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran.
Ø Silabus dikembangkan sebagai rancangan belajar
untuk satu tema (SD). Dalam silabus tercantum seluruh KD untuk tema atau mata
pelajaran di kelas tersebut.
Ø Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran dikembangkan dari setiap KD yang untuk mata pelajaran dan kelas
tersebut.
·
Tujuan kurikulum
Ø Untuk mencapai tujuan
pendidikan.
Ø Membantu pengembang kurikulum dalam mendesain
suatu model kurikulum.
Ø Sebagai pengontrol dalam menentukan batas
batas serta kualitas pembelajaran.
·
Fungsi kurikulum adalah sebagai acuan
kepada satuan pendidikan untuk mendukung tercapainya arah dan tujuan pendidikan
untuk memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya sesuai dengan kebutuhan
dan perkembangan pendidikan.
e.
Motivasi.
·
Ciri – ciri motivasi ;
Ø Dapat
memberikan daya dukung untuk menggerakkan diri mengerjakan suatu kegiatan.
Ø
Dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan
rumusan tujuannya.
Ø Dapat
menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna
mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat
bagi tujuan tersebut.
·
Tujuan motivasi adalah untuk menumbuhkan
semangat dalam diri seseorang agar
mau belajar untuk mengubah
tingkah lakunya ke arah yang lebih baik dan tujuan belajarnya dapai tercapai.
·
Fungsi motivasi adalah untuk mendorong
manusia untuk berbuat, menentukan arah perbuatan,dan menyeleksi perbuatan.
3.Makna belajar menurut pandangan aliran psikologi;
a.
Behavioristik.
Belajar merupakan respon yang stimulus
dari luar.
b.
Humanistik.
Belajar bersifat individual dan pribadi.
c.
Kognitif.
Belajar merupakan aktivitas penalaran.
4.5 prinsip – prinsip dasar belajar
;
Ø Prinsip
kesiapan .
Ø Prinsip
motivasi.
Ø Prinsip
persepsi.
Ø Prinsip
tujuan.
Ø Prinsip
perbedaan individual.
5.Indikasi belajar yang berkualitas
;
·
Persiapan yang baik.
·
Memahami tujuan dan mamfaat belajar.
·
Menggunakan cara yang efesien.
·
Mencatat hal – hal yang esensial.
·
Menggunakan sumber belajar yang
bervariasi.
·
Mengajarkan tugas – tugas secara saksama.
·
Bergairah untuk belajar.
·
Evaluasi diri.
6.Perbedaan antara;
a.
Pembelajaran dan Pengajaran.
Pembelajaran merupakan
sekumpulan proses yang bersifat individual, yang merubah stimuli dari lingkunan
seseorang ke dalam sejumlah informasi, yang selanjutnya dapat menyebabkan
adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang.
Pengajaran adalah pandangan mengenai konsep pembelajaran secara terus – menerus mengalami perubahan dan perkembangan IPTEKS.
b.
Motivasi primer dan Motivasi skunder.
Motivasi primer adalah motivasi
yang didasarkan pada motif-motif dasar yang umumnya berasal dari segi biologis
atau jasmani manusia.
Motivasi skunder adalah motivasi
yang berasal dari pengaruh lingkungan sosial.
c.
Pengukuran dan Penilaian.
Pengukuran adalah suatu proses atau
pemberian angka atau lebel sesuai kesepakatan yang yang telah disepakati.
Penilaian adalah kemampuan seseorang untuk
membuat pertimbangan terhadap suatu kondisi
untuk mendapatkan informasi tentang prestasi hasil kinerja
seseorang atau evaluasi hasil belajar.
d.
Tes objektif dan Tes subjektif.
Tes objektif adalah Tes yang dilakukan
dengan menggunakan ukuran – ukuran yang telah ditentukan.
Tes subjektif adalah Tes yang dilakukan
dengan ukuran – ukuran berdasarkan kategori – kategori tertentu.
7.2 rumusan
tujuan belajar dan pembelajaran menurut disiplin ilmu yang saya alami;
Ø Rumusan
tujuan belajar menurut saya:
·
Untuk mengetahui keterampilan dan
pengetahuan yang dimiliki siswa.
·
Untuk memperoleh pengalaman pengalaman
baru yang dapat bermamfaat bagi dirinya.
Ø Rumusan
tujuan pembelajaran menurut saya:
·
Untuk
mengetahui pengembangan keterampilan
yang dimiliki peserta didik.
·
Untuk memacu pertumbuhan dan pengembangan
baru yang diperoleh dari proses belajar.
8.Prinsip –
prinsip pembelajaran yang efektif ;
Ø Prinsip
Individualisasi adalah pendidik dalam mengajar
memperhatikan adanya perbedaan individu para peserta didik.
Ø Prinsip
Sosialisasi adalah pendidik dalam mengajar hendaknya dapat menciptakan suasana
belajar yang menimbulkan adanya saling kerja sama antar peserta didik dalam
mengatasi masalah belajar.
Ø Prinsip
Sekuens adalah materi pengajaran hendaknya disusun secara urut, sistematis,
logis, sehingga mudah dipelajari.
Ø Prinsip
Motivasi adalah dorongan yang ada dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu
dalam rangka mengetahui kebutuhan yang akan terwujud dari beberapa dukungan.
Ø Prinsip
Evaluasi adalah menekankan pendidik dalam mengajar tidak boleh meninggalkan
kegiatan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan peserta didiknya.
9.Pengertian
Kurikulum;
a.
Secara Etimologi berasal dari yunani
yaitu jarak yang harus ditempuh oleh pelari dari garis star sampai garis finis.
b.
Menurut UU RI NO 2 tahun 1989 adalah
seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara
yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar – mengajar.
10. Hakekat
Kurikulum dalam kegiatan Pembelajaran
adalah sebagai salah satu komponen dalam
sistem pendidikan yang memiliki peran dan fungsi mengembangkan pendidikan .
11.Perbedaan
antara pengembangan dan pembinaan kurikulum;
Pengembangan kurikulum merupakan proses kegiatan
pendidikan sebagai pedoman panduan penyelenggaraan pendidikan agar proses
pendidikan itu berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Pembinaan kurikulum merupakan
12.Sasaran utama
penggunaan kurikulum adalah Satuan pendidikan baik dari tingkat SD sampai pada
jenjang perguruan tinggi maupun swasta.
13.Kurikulum
Berbasis Kompotensi dapat diartikan sebagai suatu konsep kurikulum yang
menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan tugas tugas dan standar
performansi tertentu yang hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik.
14.Penilaian
Kurikulum Berbasis Kompotensi dapat di deskripsikan sebagai pengujian yang
meminta peserta tes untuk mendemonstrasikan kemampuannya dalam bentuk unjuk
kerja serta mengaplikasikan kegiatannya sesuai dengan kriteria yang ingin
dicapai.
15.Cara menumbuhkan
motivasi dalam belajar;
a.
Memilih cara dan metode mengajar
yang tepat termasuk memperhatikan penampilannya.
b.
Menginformasilkan dengan jelas tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai.
c.
Menghubungkan kegiatan belajar dengan
minat peserta didik.
d.
Melibatkan peserta didik secara aktif
dalam kegiatan pembelajaran.
e.
Melakukan evaluasi dan menginformasikan
hasilnya, sehingga pesrta didik mendapat informasi yang tepat tentang
keberhasilan dan kegagalan dirinya serta memberikan hadiah.
16.Rumus cara
memberikan skor hasil penilaian tes objektif dan tes subjektif:
·
Skor hasil penilaian tes objektif =
jumlah perolehan nilai individu tersebut baik dari afektif,kognitif,maupun
psikomotorik dibagi 3.
·
Skor hasil penilaian tes subjektif =
jumlah perolehan nilai keseluruhan dibagi dengan jumlah komponen anggotanya.
17.Jika dilihat
dari hasil penggunaan tes,ada 4 jenis tes yang digunakan dalam penilaian ;
·
Tes lisan merupakan penilaian yang
memberikan pertanyaan langsung kepada peserta didik.
·
Tes tertulis merupakan penilaian yang
memberikan tugas berupa soal uraian dan tes objektif.
·
Tes perbuatan merupakan penilaian yang bersifat menekankan
pada sikap,tingkah laku yang dimiliki peserta didik.
·
Tes kemampuan merupakan penilain yang bersifat
menujukan kepada hasil kinerja individu tersebut.
18.Menurut
saya,yang menjadi kendala/kesulitan dalam belajar adalah sebagai berikut;
Ø Gangguan
fisik serta intelegensi yang kurang dalam menyerap pelajaran.
Ø Pendidik
yang hanya berfokus pada peserta didik yang memiliki intelegensi yang di atas
rata – rata saja.
Ø Kurangnya
motivasi dukungan dari lingkungan untuk belajar.
semoga bermamfaat buat adek-adek semua
amin.;.......
semoga bermamfaat buat adek-adek semua
amin.;.......
untuk mendownload file ini silakan klik di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar