Kamis, 19 Juni 2014

JAWABAN SOAL BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

soal dan jawaban belajar dan pembelajaran

oleh
Nama : santi
Nim  : 1201402154
kelas : IV.D

tugas ini di buat  untuk memenuhi tugas final belajar dan pembelajaran 
            1.Pengertian
a.    Belajar menurut slameto  adalah proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan,sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.
b.     Belajar menurut W.S Wingkel adalah perubahan psikis yang berlangsung  dalam interaksi aktif individu dengan lingkungannya dan menghasilkan perubahan dalam pengetahuan,pengalaman,keterampilan,nilai,dan sikap yang bersikap konstan dan tetap.
c.    Pembelajaran menurut gagne adalah serangkaian peristiwa eksternal peserta didik yang dirancang untuk mendukung proses internal belajar.
d.    Motivasi adalah Keseluruhan daya penggerak di dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu  yang menjamin kelangsungan dan memberikan kegiatan belajar sehingga di harapkan tujuan dapat tercapai.
e.    Pembelajaran adalah sekumpulan proses yang bersifat individual, yang merubah stimuli dari lingkunan seseorang ke dalam sejumlah informasi yang diperoleh, yang selanjutnya dapat menyebabkan adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang.
f.     Belajar adalah Proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungan sekitarnya untuk memperoleh perubahan tingkah laku sebagai usaha untuk mewujudkan tujuan yang dicapai.
2.Ciri – ciri,Tujuan,dan Fungsi dari;
a.    Belajar
·         Ciri ciri belajar;
Ø  Merupakan upaya sadar dan disengaja.
Ø  Belajar harus membuat siswa belajar.
Ø  Tujuan harus ditetapkan terlebih dahulu sebelum proses dilaksanakan.
Ø  Pelaksanaannya terkendali, baik isinya, waktu, proses maupun hasil.
·         Tujuan belajar  adalah sejumlah hasil belajar yang menunjukkan bahwa seseorang telah melakukan tugas belajar, yang umumnya meliputi pengetahuan,keterampilan dan sikap-sikap yang baru, yang diharapkan tercapai oleh seorang pelajar.
·         Fungsi belajar adalah;
Ø  Belajar sebagai sistem maksudnya sejumlah komponen yang terorganisir meliputi tujuan belajar, materi belajar, strategi dan metode belajar, media belajar/alat peraga, pengorganisasian kelas, evaluasi belajar, dan tindak lanjut belajar (remedial dan pengayaan).
Ø  Belajar sebagai proses: Rangkaian upaya atau kegiatan guru dalam rangka membuat siswa belajar meliputi Persiapan, pelaksanakan kegiatan belajar  dan menindaklanjuti belajar.
  
b.    CBSA.
·         Ciri – ciri CBSA;Menggunakan berbagai macam metode yang menitik beratkan kepada keaktifan yang bersifat fisik, mental, emosional maupun intelektual untuk mencapai tujuan pendidikan yang berhubungan dengan wawasan kognitif, afektif dan psikomotor secara optimal.
·         Tujuan CBSA  untuk menumbuhan dan mengembangan sejumlah keterampilan tertentu pada diri peserta didik agar mereka mampu memproses informasi sehingga ditemukan hal-hal yang baru yang bermanfaaat baik berupa fakta, konsep, maupun pengembangan sikap dan nilai.
·         Fungsi CBSA agar peserta didik dapat mengembangkan keterampilan yang dimiliki yang dapat bermamfaat bagi dirinya dan orang lain pula.

c.    Pembelajaran
·         Ciri – ciri pembelajaran ;
Ø  Mempunyai subjek belajar yaitu kegiatan pembelajaran dan peserta didik.
Ø  Terdapat materi  pelajaran,baik dari strategi yang digunakan maupun media pembelajaran.
Ø  Mempunyai rumusan  tujuan tertentu.
·         Tujuan pembelajaran  untuk  mempermudah dalam menentukan kegiatan pembelajaran yang tepat diharapkan setelah PBM (Proses Belajar Mengajar) akan memeperoleh hasil belajar dan dampak pengiring berupa  kognitif, afektif, dan psikomotorik
·         Fungsi pembelajaran sebagai  acuan yang memberikan gambaran kepada seseorang untuk mengembangkan keterampilan belajar yang dimiliki berdasarkan pengalamannya.
d.    Kurikulum.
·         Ciri – ciri kurikulum;
Ø  Isi atau konten kurikulum yaitu kompetensi dinyatakan dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) satuan pendidikan dan kelas, dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran.
Ø   Silabus dikembangkan sebagai rancangan belajar untuk satu tema (SD). Dalam silabus tercantum seluruh KD untuk tema atau mata pelajaran di kelas tersebut.
Ø  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dikembangkan dari setiap KD yang untuk mata pelajaran dan kelas tersebut.
·         Tujuan kurikulum
Ø  Untuk mencapai tujuan pendidikan.
Ø   Membantu pengembang kurikulum dalam mendesain suatu model kurikulum.
Ø   Sebagai pengontrol dalam menentukan batas batas serta kualitas pembelajaran.
·       Fungsi kurikulum adalah sebagai acuan kepada satuan pendidikan untuk mendukung tercapainya arah dan tujuan pendidikan untuk memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pendidikan.
e.    Motivasi.
·         Ciri – ciri  motivasi ;
Ø  Dapat memberikan daya dukung untuk menggerakkan diri mengerjakan suatu kegiatan.
Ø  Dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya.
Ø  Dapat menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.
·         Tujuan motivasi adalah untuk menumbuhkan semangat dalam diri seseorang agar  mau  belajar untuk mengubah tingkah lakunya ke arah yang lebih baik dan tujuan belajarnya dapai tercapai.
·         Fungsi motivasi adalah untuk mendorong manusia untuk berbuat, menentukan arah perbuatan,dan menyeleksi perbuatan.

 3.Makna belajar menurut pandangan aliran psikologi;
a.    Behavioristik.
Belajar merupakan respon yang stimulus dari luar.
b.    Humanistik.
Belajar bersifat individual dan pribadi.
c.    Kognitif.
Belajar merupakan aktivitas penalaran.
4.5 prinsip – prinsip dasar belajar ;
Ø  Prinsip kesiapan .
Ø  Prinsip motivasi.
Ø  Prinsip persepsi.
Ø  Prinsip tujuan.
Ø  Prinsip perbedaan individual.
            5.Indikasi belajar yang berkualitas ;
·       Persiapan yang baik.
·       Memahami tujuan dan mamfaat belajar.
·       Menggunakan cara yang efesien.
·       Mencatat hal – hal yang esensial.
·       Menggunakan sumber belajar yang bervariasi.
·       Mengajarkan tugas – tugas secara saksama.
·       Bergairah untuk belajar.
·       Evaluasi diri.
6.Perbedaan antara;
a.    Pembelajaran dan Pengajaran.
Pembelajaran merupakan sekumpulan proses yang bersifat individual, yang merubah stimuli dari lingkunan seseorang ke dalam sejumlah informasi, yang selanjutnya dapat menyebabkan adanya hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang.
Pengajaran adalah pandangan mengenai konsep pembelajaran  secara terus – menerus  mengalami perubahan dan perkembangan IPTEKS.
b.    Motivasi primer dan Motivasi skunder.
Motivasi primer adalah motivasi yang didasarkan pada motif-motif dasar yang umumnya berasal dari segi biologis atau jasmani manusia.
 Motivasi skunder adalah motivasi yang berasal dari pengaruh lingkungan sosial.
c.    Pengukuran dan Penilaian.
Pengukuran adalah suatu proses atau pemberian angka atau lebel sesuai kesepakatan yang  yang telah disepakati.
Penilaian adalah kemampuan seseorang untuk membuat pertimbangan terhadap suatu kondisi  untuk  mendapatkan  informasi tentang prestasi hasil kinerja seseorang atau evaluasi  hasil belajar.
d.    Tes objektif dan Tes subjektif.
Tes objektif adalah Tes yang dilakukan dengan menggunakan ukuran – ukuran yang telah ditentukan.
Tes subjektif adalah Tes yang dilakukan dengan ukuran – ukuran berdasarkan kategori – kategori tertentu.
7.2 rumusan tujuan belajar dan pembelajaran menurut disiplin ilmu yang saya alami;
Ø  Rumusan tujuan belajar menurut saya:
·         Untuk mengetahui keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki siswa.
·         Untuk memperoleh pengalaman pengalaman baru yang dapat bermamfaat bagi dirinya.
Ø  Rumusan tujuan pembelajaran menurut saya:
·         Untuk  mengetahui pengembangan keterampilan  yang dimiliki peserta didik.
·         Untuk memacu pertumbuhan dan pengembangan baru yang diperoleh dari proses belajar.
8.Prinsip – prinsip pembelajaran yang efektif ;
Ø  Prinsip Individualisasi adalah  pendidik dalam mengajar memperhatikan adanya perbedaan individu para peserta didik.
Ø  Prinsip Sosialisasi adalah pendidik dalam mengajar hendaknya dapat menciptakan suasana belajar yang menimbulkan adanya saling kerja sama antar peserta didik dalam mengatasi masalah belajar.
Ø  Prinsip Sekuens adalah materi pengajaran hendaknya disusun secara urut, sistematis, logis, sehingga mudah dipelajari.
Ø  Prinsip Motivasi adalah dorongan yang ada dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu dalam rangka mengetahui kebutuhan yang akan terwujud dari beberapa dukungan.
Ø  Prinsip Evaluasi adalah menekankan pendidik dalam mengajar tidak boleh meninggalkan kegiatan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan peserta didiknya.
9.Pengertian Kurikulum;
a.    Secara Etimologi berasal dari yunani yaitu jarak yang harus ditempuh oleh pelari dari garis star sampai garis finis.
b.    Menurut UU RI NO 2 tahun 1989 adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar – mengajar.
10. Hakekat Kurikulum dalam kegiatan  Pembelajaran adalah  sebagai salah satu komponen dalam sistem pendidikan yang memiliki peran dan fungsi mengembangkan pendidikan .
11.Perbedaan antara pengembangan dan pembinaan kurikulum;
            Pengembangan kurikulum merupakan proses kegiatan pendidikan sebagai pedoman panduan penyelenggaraan pendidikan agar proses pendidikan itu berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
            Pembinaan kurikulum merupakan

12.Sasaran utama penggunaan kurikulum adalah Satuan pendidikan baik dari tingkat SD sampai pada jenjang perguruan tinggi maupun swasta.
13.Kurikulum Berbasis Kompotensi dapat diartikan sebagai suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan tugas tugas dan standar performansi tertentu yang hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik.
14.Penilaian Kurikulum Berbasis Kompotensi dapat di deskripsikan sebagai pengujian yang meminta peserta tes untuk mendemonstrasikan kemampuannya dalam bentuk unjuk kerja serta mengaplikasikan kegiatannya sesuai dengan kriteria yang ingin dicapai.
15.Cara menumbuhkan motivasi dalam belajar;
a.    Memilih cara dan metode mengajar yang  tepat termasuk memperhatikan penampilannya.           
b.    Menginformasilkan dengan jelas tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
c.    Menghubungkan kegiatan belajar dengan minat peserta didik.
d.    Melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.
e.    Melakukan evaluasi dan menginformasikan hasilnya, sehingga pesrta didik mendapat informasi yang tepat tentang keberhasilan dan kegagalan dirinya serta memberikan hadiah.
16.Rumus cara memberikan skor hasil penilaian tes objektif dan tes subjektif:
·         Skor hasil penilaian tes objektif = jumlah perolehan nilai individu tersebut baik dari afektif,kognitif,maupun psikomotorik dibagi 3.
·         Skor hasil penilaian tes subjektif = jumlah perolehan nilai keseluruhan dibagi dengan jumlah komponen anggotanya.
17.Jika dilihat dari hasil penggunaan tes,ada 4 jenis tes yang digunakan dalam penilaian ;
·         Tes lisan merupakan penilaian yang memberikan pertanyaan langsung kepada peserta didik.
·         Tes tertulis merupakan penilaian yang memberikan tugas berupa soal uraian dan tes objektif.
·         Tes perbuatan  merupakan penilaian yang bersifat menekankan pada sikap,tingkah laku yang dimiliki peserta didik.
·         Tes kemampuan merupakan penilain yang bersifat menujukan kepada hasil kinerja individu tersebut.
18.Menurut saya,yang menjadi kendala/kesulitan dalam belajar adalah sebagai berikut;
Ø  Gangguan fisik serta intelegensi yang kurang dalam menyerap pelajaran.
Ø  Pendidik yang hanya berfokus pada peserta didik yang memiliki intelegensi yang di atas rata – rata saja.
Ø  Kurangnya motivasi dukungan dari lingkungan untuk belajar.

semoga bermamfaat buat adek-adek semua 
amin.;.......

untuk mendownload file ini silakan klik di sini 


dan untuk melihat profil saya di fb silakan klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar