Rabu, 21 Mei 2014

CONTOH LAPORAN PPL




BAB I
GAMBARAN UMUM SEKOLAH SMP COKROAMINOTO PALOPO
A.  Sejarah Singkat SMP Cokroaminoto Palopo
SMP Cokroaminoto palopo adalah  Sekolah Swasta yang  didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Palopo yang  berdiri  pada tahun 1985 dan mulai beroperasi  pada tahun 1987 sampai sekarang, dan  SMP Cokroaminoto Palopo Saat ini  dipimpin oleh kepala sekolah  Hj. Nurmala Saruman, S.Pd.,M.M.Pd. SMP Cokroaminoto Palopo   terletak di Jalan Lamaranginang Wara  Utara – Kota Palopo Sekolah ini memiliki luas tanah sebesar 7351 m2 dan luas bangunannya sebesar 7351 m2.
B.  Visi Dan Misi SMP Cokroaminoto Palopo
* Visi SMP Cokroaminoto Palopo
Unggul dalam Pendidikan dan Nonpendidikan dengan menerapkan asas kejujuran yang berlandaskan Iman dan Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
* Misi SMP Cokroaminoto Palopo
1. Mewujudkan penyeimbangan kuikulum tingkat satuan Pendidikan yang menghasilkan perilaku siswa yang santun, berbudi pekerti luhur yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara bertahap dan berkesinambungan.
3.      Mewujudkan strategi pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan.
4.      Mewujudkan peningkatan nilai rata-rata akademik.

C.  Keadaan Siswa SMP Cokroaminoto Palopo
Keadaan Siswa SMP  Cokroaminoto Palopo dalam 4 (empat) tahun terakhir sebagai berikut:



Tabel 1: Keadaan Siswa 4 Tahun terakhir
Tahun Pelajaran
Jml Pendaftar (cln Siswa Baru)
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah (Kls VII+VIII+IX)
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
2010
-
2011
30
22
1
49
2
66
2
138
5
2011
-
2012
40
16
1
40
2
44
2
100
5
2012
-
2013
40
16
1
40
1
44
2
100
4
2013
-
2014
40
17
1
25
1
50
2
122
4












D.  Sarana Dan Prasarana Smp Cokroaminoto Palopo
Sarana dan Prasarana SMP Cokroaminoto Palopo sebagai berikut:
 Tabel 2. Sarana dan Prasarana
Ruangan
Jumlah Ruangan


Jumlah ruangan
Ruangan Kelas (d)
5

Ruang kelas
5
Jumlah Ruang Lainnya yang di gunakan untuk ruang kelas (e)






Perpustakaan
1
Lab. Komputer
1
Ruang Guru
1
Ruang Laboratorium IPA
1

Ruang Kantor
1
Jml. Ruang Kelas Seluruhnya (d+e) 
5

Lab. Bahasa
-
Pos satpam
1

Kantin
1

E.  Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Smp  Cokroaminoto Palopo
Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMP Cokroaminoto Palopo sebagai berikut:
Tabel 3. Tenaga Pendidik dan Kependidikan
NO
JUMLAH GURU/ STAF
BAGI SMP SWASTA
KETERANGAN
1
Guru Tetap (PNS/Yayasan)
9 Orang

2
Guru Kontrak
-

3
Guru Honor Sekolah
14 Orang

4
Staf Tata Usaha
3 Orang

5
Satpam
1 Orang

6
Cleaning service
1 Orang


Jumlah
28 Orang

               Tabel 4.  Pendidikan Tenaga Pendidik dan Kependidikan
NO
Pendidikan
Jumlah
KETERANGAN
1
Pasca Sarjana ( S.2 )
6

2
Pasca Sarjana ( S.1 )
20

3
Pasca Diploma ( D.3 )
-

4
Pasca Diploma ( D.2 )
-

5
Pasca Diploma ( D.1 )
-

6
SMA atau sederajat
2


Jumlah
28 Orang

BAB II
PELAKSANAAN PPL

A.    Penyusunan  Perencanaan Pembelajaran
            Dalam penyusunan perencanaan pembelajaran yang dilaksanakan selama 2 bulan di SMP Cokroaminoto Palopo. Mahasiswa PPL mengajarkan beberapa Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di kelas VII diantaranya :
t Standar Kompetensi :
Ø  6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya
t Kompetensi Dasar :
Ø  6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya. Terdiri dari 1 RPP.
Ø  6.2 Mengindentifikasi sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.Terdiri dari 2 RPP.
Ø  6.3 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.terdiri dari 3 RPP.
Ø  6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.Terdiri dari 2 RPP.

Tabel 5. Jadwal kegiatan pembelajaran
NO
HARI /
TANGGAL
KELAS
WAKTU
SK
KD
MATERI AJAR
1.
Kamis,
6 Maret 2014

VII

07.30 – 09.10


6

6.1
ü  Jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya.
ü  Jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya.

2.
Selasa,
11 Maret 2014

VII

07.30 – 09.10

6

6.2
ü  Pengertian jajargenjang,persegi,persegipanjang,belah ketupat,trapesium,dan layang-layang menurut sifatnya.
3.
Kamis,
13 Maret
2014

VII
07.30 – 09.10

6

6.2
ü  Sifat-sifat segiempat ditinjau dari sisi,sudut,dan diagonalnya.
4.
Selasa,
18 Maret 2014

VII
07.30 – 09.10

6

6.3
ü  Keliling bangun segitiga dan segiempat.
5.
Kamis,
20 Maret 2014

VII

07.30 – 09.10

6

6.3

ü  Rumus luas bangun segitiga dan segiempat.

6.
Selasa,
27 Maret
2014
VII
07.30 – 09.10
  
  6

6.3
ü  Keliling bangun segitiga dan segiempat.
7.
Selasa,
15 April 2014

VII
07.30 – 09.10

6

6.4

ü  melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut.
8.

Kamis,
17 April 2014

VII


07.30 – 09.10

6

6.1
6,2
6.3

ü  Jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya.
ü  Jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya.
ü  Pengertian jajargenjang,persegi,persegipanjang,belah ketupat,trapesium,dan layang-layang menurut sifatnya.
ü  Sifat-sifat segiempat ditinjau dari sisi,sudut,dan diagonalnya.
ü  Keliling bangun segitiga dan segiempat.
ü  Rumus luas bangun segitiga dan segiempat.
9.
Selasa,
22 April 2014

VII
07.30
-
09.10

6

6.4
ü  Melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki.

B.     Pelaksanaan Pembelajaran
Sebelum melaksanakan proses pembelajaran disekolah, mahasiswa PPL terlebih dahulu melaksanakan observasi di sekolah SMP Cokroaminoto Palopo. Mahasiswa PPL melakukan observasi sebanyak 2 kali, yaitu :
1.      Observasi pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 1 Maret 2014. Mahasiswa PPL berkeliling di wilayah SMP Cokroaminoto Palopo untuk melihat keadaan sekolah. Mengobservasi berapah jumlah kelas,kantor,ruang BK,kantin,WC,Musholla dan perpustakaan.
2.      Observasi kedua dilaksanakan pada hari senin,tanggal 3 Maret 2014 dengan kegiatan melakukan konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mahasiswa dengan guru pamong, sekaligus konsultasi mengenai jam mengajar.

Û  Pelaksanaan pembelajaran dikelas / diluar kelas
Ø Pertemuan pertama
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan pertama dilakukan pada hari kamis tanggal 6 Maret 2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 – 2 pukul 07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 13 orang siswa dari 17 siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini, terdapat 3 siswa tanpa keterangan dan 1 siswa sakit.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
Indikator : - Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya
-   Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya
Materi Pokok :  Jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan besar sudutnya.
Model dan Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü Mahasiswa memperkenalkan diri
ü Mahasiswa mengecek kehadiran peserta didik
ü Mahasiswa menyampaikan materi pembelajaran
ü Mahasiswa mengingatkan kembali pengertian segitiga.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan besar sudutnya.
ü Mahasiswa memberikan contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa.
ü Mahasiswa memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengerjakan soal latihan, sementara itu mahasiswa memberikan arahan.
Kegiatan penutup :
ü Mahasiswa dan peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
ü Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü Mahasiswa mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi :
ü Mahasiswa PPL :
1.    Mahasiswa merasa gugup dan kewalahan menegur siswa yang selalu membuat keributan pada saat mahasiswa memberikan pengajaran di dalam kelas.
ü Peserta Didik     :
1.    Kurang memahami materi tentang jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan besar sudutnya.

Ø Pertemuan Kedua
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan kedua dilakukan pada hari selasa tanggal 11 Maret 2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 - 2 pukul 07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 10 orang siswa dari 17 siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini, terdapat 7 orang siswa tanpa keterangan.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengindentifikasi sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.
Indikator : Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.
Materi Pokok : pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.
Model dan Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü Mahasiswa mengingatkan kembali jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisi dan besar sudutnya.
ü Menunjuk salah satu siswa untuk menggambar jenis-jenis segitiga di papan tulis.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa menjelaskan materi tentang pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.
ü Memberikan contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Memberikan soal latihan kepada siswa.
ü Membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal latihan.
Kegiatan penutup :
ü Mahasiswa dan peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
ü Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü Mahasiswa mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi :
ü Mahasiswa PPL :
1.    Dalam pemilihan model pembelajaran yang akan digunakan, mahasiswa cenderung masih pasif. dan mahasiswa juga masih belum bisa memotivasi peserta didik.
ü Peserta Didik     :
1.    Dalam pembelajaran ini, peserta didik tidak mengalami kesulitan.

Ø Pertemuan Ketiga
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan ketiga dilakukan pada hari kamis  tanggal 13 Maret 2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 – 2 pukul 07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 11 orang siswa dari 17 siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini, terdapat 2 orang siswa yang sakit, 2 orang siswa yang izin, dan 2 orang siswa tanpa keterangan.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengindentifikasi sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.
Indikator : Menjelaskan sifat sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya.
Materi Pokok :  sifat sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya.
Model dan Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü Mahasiswa mengingatkan kembali pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.
ü Menunjuk beberapa siswa untuk menjelaskan kembali pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa menjelaskan sifat sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya.
ü Mahasiswa memberikan contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
Kegiatan penutup :
ü Mahasiswa dan peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
ü Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü Mahasiswa mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi :
ü Mahasiswa PPL :
1.    Dalam pembelajaran ini, mahasiswa tidak mengalami kesulitan.
ü Peserta Didik   :
1.    Dalam pembelajaran ini, peserta didik tidak mengalami kesulitan.

Ø Pertemuan Keempat
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan keempat dilakukan pada hari selasa  tanggal 18 Maret 2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 - 2 pukul 07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 9 orang siswa dari 17 siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini, terdapat 8 siswa tanpa keterangan.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 6.3 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Indikator : Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat.
Materi Pokok : keliling bangun segitiga dan segiempat.
Model dan Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü Mahasiswa mengingatkan kembali sifat sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya.
ü Menunjuk beberapa siswa untuk menjelaskan kembali pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa menjelaskan materi tentang keliling bangun segitiga dan segiempat.
ü Mahasiswa memberikan contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa.
ü Mahasiswa membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal latihan.
Kegiatan penutup :
ü Mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
ü Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü Mahasiswa mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi :
ü Mahasiswa PPL :
1.      Dalam pembelajaran ini, mahasiswa tidak mengalami kesulitan.
ü Peserta Didik     : 
1.      Dalam pembelajaran ini, peserta didik tidak mengalami kesulitan.
.
Ø Pertemuan Kelima
Pelaksanaan pembelajaran pada pertemuan kelima dilaksanakan pada hari  kamis tanggal 20 Maret 2014 pada jam pelajaran 1 – 2 pukul 07.30- 09.10 wita di kelas VII, yang di ikuti oleh 11 orang siswa dari 17 siswa keseluruhan. Dalam hal ini 1 orang yang izin, 2 orang siswa yang sakit  dan 3 orang siswa tanpa keterangan.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 6.3 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan     segiempat serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Indikator : Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat.

Materi Pokok : rumus luas bangun segitiga dan segiempat
Model dan Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü Mahasiswa mengingatkan kembali tentang keliling bangun segitiga dan segiempat.
ü Menunjuk salah satu siswa untuk menuliskan kembali di papan tulis rumus tentang keliling segitiga dan segiempat.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa menjelaskan materi tentang luas bangun segitiga dan segiempat.
ü Mahasiswa memberikan contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa.
ü Mahasiswa membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal latihan.
Kegiatan penutup :
ü Mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
ü Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü Mahasiswa mengucapkan salam penutup.

Kesulitan yang dihadapi :
ü Mahasiswa PPL :
1.      Dalam pembelajaran ini, mahasiswa tidak mengalami kesulitan.
ü Peserta Didik     : 
1.      Dalam pembelajaran ini, peserta didik tidak mengalami kesulitan.

Ø Pertemuan Keenam
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan keenam dilakukan pada hari selasa tanggal 27 Maret 2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 – 2 pukul 07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 12 orang siswa dari 17 siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini, terdapat 5 orang siswa tanpa keterangan.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 6.3 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan  segiempat.
Materi Pokok :  keliling dan luas bangun segitiga dan  segiempat.
Model dan Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü Mahasiswa mengingatkan kembali rumus mengitung keliling dan luas segitiga dan segiempat.
ü Menunjuk salah satu siswa untuk menuliskan kembali di papan tulis rumus tentang keliling segitiga dan segiempat.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa menjelaskan cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan  segiempat.
ü Mahasiswa memberikan contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa.
ü Mahasiswa membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal latihan.
Kegiatan penutup :
ü Mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
ü Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü Mahasiswa mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi :
ü Mahasiswa PPL :
1.      Dalam pembelajaran ini, mahasiswa tidak mengalami kesulitan.
ü Peserta Didik     :
1.      Dalam pembelajaran ini, peserta didik tidak mengalami kesulitan.
.
Ø Pertemuan Ketujuh
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan ketujuh dilakukan pada hari selasa tanggal 15 April 2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 – 2  pukul 07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 13 orang siswa dari 17 siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini, terdapat 4 orang siswa tanpa keterangan.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.
Indikator : Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut
Materi Pokok :  Segitiga.
Model dan Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü Mahasiswa mengingatkan kembali cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan  segiempat.
ü Menunjuk salah satu siswa untuk menyelesaiakan soal di papan tulis tentang cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan  segiempat.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa menjelaskan cara melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut.
ü  Mahasiswa memberikan contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
Kegiatan penutup :
ü Mahasiswa dan peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
ü Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü Mahasiswa mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi :
ü Mahasiswa PPL :
Mahasiswa tidak begitu mendapatkan kesulitan dalam mengajar.
ü Peserta Didik     :
Kurang memahami cara melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut
.
Ø Pertemuan Kedelapan
Pelaksanaan pembelajaran pada pertemuan kedelapan dilaksanakan pada hari  kamis tanggal 17 April 2014 pada jam pelajaran 1 – 2 pukul 07.30- 09.10 wita di kelas VII. Pada hari ini mahasiswa mengadakan ulangan harian yang di ikuti oleh 11 orang siswa dari 17 siswa keseluruhan. Dalam hal ini 1 orang yang izin dan 5 orang siswa tanpa keterangan. Adapun SK/KD yang masuk dalam ulangan harian yaitu:
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
6.2Mengindentifikasi sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Kegiatan pendahuluan :
ü Mahasiswa menyapa siswa dan mengucapkan salam pembuka.
ü Mahasiswa mengecek kehadiran peserta didik.
ü Mahasiswa menyampaikan bahwa hari ini akan mengadakan ulangan harian.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa membagikan lembar kerja kepada peserta didik.
ü Mahasiswa memperhatikan siswa yang aktif dan yang tidak aktif  menjawab soal.
Kegiatan penutup :
ü Mahasiswa mengucapkan salam penutup.

Ø Pertemuan Kesembilan
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan kesembilan dilakukan pada hari selasa tanggal 22 April 2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 - 2 pukul 07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 11 orang siswa dari 17 siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini, terdapat 6 orang siswa tanpa keterangan.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar  : 6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.
Indikator : Melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki.
Materi Pokok : Segitiga.
Model dan Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü Mahasiswa mengingatkan kembali cara melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut.
ü Menunjuk salah satu siswa menyelesaiakan soal di papan tulis tentang cara  melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa menjelaskan cara melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki.
ü  Mahasiswa memberikan contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal latihan.
Kegiatan penutup :
ü Mahasiswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
ü Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü Mahasiswa mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi :
ü Mahasiswa PPL :
1.    Dalam pembelajaran ini, mahasiswa tidak mengalami kesulitan.
ü Peserta Didik     :
1.    Sulit mengerjakan soal tentang cara melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki.

C.  Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran
Pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang dilakukan mahasiswa PPL selama 2 bulan di SMP Cokroaminoto Palopo adalah :
v  Menggunakan tes tertulis (tes uraian / pilihan ganda)
Dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di kelas VII, mahasiswa PPL memberikan tes dalam bentuk uraian.
v  Tugas akhir pelajaran
Pada setiap akhir pembelajaran, mahasiswa memberikan pekerjaan rumah kepada siswa kelas VII sebanyak 6 kali.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta   menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.
6.2.Mengindentifikasi sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.
v  Ulangan harian
Pada hari kamis 17 April 2014, mahasiswa PPL mengadakan ulangan harian sebanyak 1 kali dikelas VII dengan SK/KD:
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta   menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.
6.2.Mengindentifikasi sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang.
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.
D.      Kegiatan Ekstrakurikuler Dan Tugas Lain
t  Kegiatan Ekstrakulikuler
Selama melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Cokroaminoto Palopo, mahasiswa PPL tidak dilibatkan dalam kegiatan Ekstrakurikuler.
t  Tugas-Tugas Lain
1.    Mahasiswa mengkuti pelaksanaan upacara bendera bersama dengan  rekan guru, staf tata usaha, teman mahasiswa lainnya, dan seluruh  siswa-siswi SMP Cokroaminoto Palopo yang dilaksanakan pada setiap hari senin dilokasi SMP Cokroaminoto Palopo.
2.    Mahasiswa mendampingi teman PPL yang sedang mengikuti proses pembelajaran di kelas VIII.
3.    Mahasiswa mengikuti baksos/jumat bersih bersama dengan teman Mahasiswa PPL dan seluruh  siswa-siswi SMP Cokroaminoto Palopo yang diadakan pada setiap hari jumat dilokasi  SMP Cokroaminoto Palopo.





BAB III
IDENTIFIKASI MASALAH DAN PEMECAHANNYA

A.  Identifikasi Masalah
t Permasalahan dalam pelaksanaan PPL
Hal-hal yang menjadi kendala mahasiswa PPL dalam melaksanakan Program Pengenalan Lapangan (PPL) selama 2 bulan di SMP Cokroaminoto Palopo adalah :
1.      Kurangnya sarana dalam proses pembelajaran, contohnya jarang siswa yang memiliki buku paket.
2.      Kurangnya kedisiplinan bagi peserta didik.
3.      Kurangnya waktu mempersiapkan diri untuk mengajar karena jadwal kuliah padat dan banyak tugas-tugas lain dari kampus.
4.      Mahasiswa PPL kewalahan mengatur peserta didik karena sebagian peserta didik tidak mau mendengar arahan dari mahasiswa PPL.
5.      Jarak lokasi PPL dengan tempat tinggal mahasiswa yang jauh.

t Permasalahan dalam proses kegiatan belajar mengajar
Dari identifikasi masalah diatas maka penulis menyimpulkan permasalahan yang dilanda  mahasiswa PPL dan peserta didik kelas VII di SMP Cokroaminoto Palopo dalam pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar yaitu:
Ø Kendala Mahasiswa PPL
1.       Mahasiswa merasa gugup dan kewalahan menegur siswa yang selalu membuat keributan pada saat mahasiswa memberikan pengajaran di dalam kelas.
2.       Pemilihan model pembelajaran yang akan digunakan, mahasiswa cenderung masih pasif. Dan mahasiswa juuga masih belum bisa memotivasi peserta didik.

Ø Kendala Peserta Didik
1.      Kurang memahami materi tentang  jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan besar sudutnya.
2.      Kurang memahami cara melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya,dua sisi atau satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut.

B.  Pemecahan
Dari beberapa identifikasi permasalahan dalam proses pembelajaran di atas, adapun beberapa cara yang dilakukan oleh mahasiswa demi pemecahan masalah tersebut yaitu:.
1.    Agar siswa memahami materi tentang  jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan besar sudutnya, maka mahasiswa PPL memberikan solusi antara lain :
a.         Menggunakan metode pembelajaran snowballthrowing
b.         Menerapkan peta konsep segitiga
c.          Menggunakan metode discovery
d.        Menggunakan alat peraga pada proses pembelajaran
e.         Memberikan contoh soal dan membimbing siswa hingga siswa mengerti.









BAB IV
PENUTUP
A.  Kesimpulan
1.      Adapun yang menjadi tujuan program pengenalan lapangan (PPL) ini adalah agar mahasiswa sebagai calon pendidik harus dapat menguasai serta dapat menerapkan dan mengaplikasikan berbagai kemampuan serta utuh dan terintegrasi dalam situasi yang nyata. Tanpa adanya bantuan dan koreksi dari pihak yang terkait baik dalam keterampilan dasar mengajar, keterampilan non mengajar, maupun dalam pelaksanaan praktek-praktek tugas lainnya.
2.      Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan media begi calon pendidik untuk mengaplikasikan ilmu yang di dapatkan dari kampus dengan realita yang terjadi di lapangan.
3.      Dengan adanya PPL yang dilaksanakan pada SMP Cokroaminoto Palopo, Mahasiswa PPL merasa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Mulai dari persiapan perencanaan pembelajaran dan juga kerja sama antara guru pamong dan guru yang lain sangatlah baik yang pada akhirnya memudahkan pelaksanaan PPL.
4.      Kondisi di lapangan tidak selalu sesuai dengan teori dan keadaan yang di dapatkan di bangku kuliah. Oleh karena itu, seorang calon guru harus siap menghadapi kondisi apapun dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang pendidik.

B.  Saran
1.    Sekolah : Agar kedisiplinan dan kebersihan dapat ditingkatkan.
2.    Guru pamong : Sikap terbuka dan komutatif dalam mengarahkan mahasiswa PPL sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
3.    Peserta Didik : Lebih meningkatkan cara belajarnya agar mudah dalam  penguasaan konsep materi yang diberikan oleh guru dan hendaknya siswa menyiapkan diri dari rumah dengan mempelajari materi yang akan dipelajari selanjutnya serta rajin mengerjakan soal-soal latihan.
4.    Pembimbing : Pemilihan tempat PPL lebih diperhatikan demi keberhasilan dan kualitas yang tercapai oleh praktikan setelah melaksanakan kegiatan PPL dan hendaknya dosen pembimbing lapangan selalu datang ke lokasi PPL untuk mengontrol para mahasiswa agar tujuan PPL lebih mudah tercapai.
Demikian laporan PPL ini dibuat mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua dan mohon maaf atas segala kekurangan yang telah diberikan serta diucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak dalam hal ini yang banyak membantu dalam pelaksanaan PPL ini hingga selesai.








DEMIKIAN  CONTOH LAPORAN ppL mudahan dapat bermamfaat bagi kita semua
haerul 2014


Tidak ada komentar:

Posting Komentar