BAB I
GAMBARAN UMUM SEKOLAH SMP COKROAMINOTO PALOPO
A.
Sejarah Singkat
SMP Cokroaminoto Palopo
SMP Cokroaminoto palopo adalah Sekolah Swasta yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Palopo
yang berdiri pada tahun 1985 dan mulai
beroperasi pada tahun 1987 sampai
sekarang, dan SMP Cokroaminoto Palopo
Saat ini dipimpin oleh kepala sekolah Hj.
Nurmala Saruman, S.Pd.,M.M.Pd. SMP
Cokroaminoto Palopo terletak di Jalan Lamaranginang Wara Utara – Kota Palopo
Sekolah ini memiliki luas tanah sebesar 7351 m2
dan luas bangunannya sebesar 7351 m2.
B.
Visi Dan Misi
SMP Cokroaminoto Palopo

Unggul
dalam Pendidikan dan Nonpendidikan dengan menerapkan asas kejujuran yang berlandaskan
Iman dan Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

1. Mewujudkan
penyeimbangan kuikulum tingkat satuan Pendidikan yang menghasilkan perilaku
siswa yang santun, berbudi pekerti luhur yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa.
2. Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara bertahap dan berkesinambungan.
3. Mewujudkan
strategi pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan.
4. Mewujudkan
peningkatan nilai rata-rata akademik.
C.
Keadaan Siswa
SMP Cokroaminoto Palopo
Keadaan Siswa SMP Cokroaminoto Palopo dalam 4 (empat) tahun
terakhir sebagai berikut:
Tabel
1: Keadaan Siswa 4 Tahun terakhir
Tahun Pelajaran
|
Jml
Pendaftar (cln Siswa Baru)
|
Kelas VII
|
Kelas
VIII
|
Kelas IX
|
Jumlah (Kls VII+VIII+IX)
|
|||||
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
Jml Siswa
|
Jml Rombel
|
|||
2010
-
2011
|
30
|
22
|
1
|
49
|
2
|
66
|
2
|
138
|
5
|
|
2011
-
2012
|
40
|
16
|
1
|
40
|
2
|
44
|
2
|
100
|
5
|
|
2012
-
2013
|
40
|
16
|
1
|
40
|
1
|
44
|
2
|
100
|
4
|
|
2013
-
2014
|
40
|
17
|
1
|
25
|
1
|
50
|
2
|
122
|
4
|
|
D.
Sarana Dan
Prasarana
Smp
Cokroaminoto Palopo
Sarana
dan Prasarana SMP Cokroaminoto Palopo sebagai berikut:
Tabel 2. Sarana dan
Prasarana
Ruangan
|
Jumlah Ruangan
|
Jumlah ruangan
|
||
Ruangan Kelas (d)
|
5
|
Ruang kelas
|
5
|
|
Jumlah Ruang Lainnya yang di gunakan untuk ruang kelas (e)
|
Perpustakaan
|
1
|
||
Lab. Komputer
|
1
|
|||
Ruang Guru
|
1
|
|||
Ruang Laboratorium IPA
|
1
|
Ruang Kantor
|
1
|
|
Jml. Ruang Kelas
Seluruhnya (d+e)
|
5
|
Lab. Bahasa
|
-
|
|
Pos satpam
|
1
|
Kantin
|
1
|
E.
Tenaga Pendidik
Dan Kependidikan
Smp Cokroaminoto Palopo
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
SMP Cokroaminoto Palopo sebagai berikut:
Tabel
3. Tenaga Pendidik dan Kependidikan
NO
|
JUMLAH GURU/ STAF
|
BAGI SMP
SWASTA
|
KETERANGAN
|
1
|
Guru Tetap
(PNS/Yayasan)
|
9 Orang
|
|
2
|
Guru Kontrak
|
-
|
|
3
|
Guru Honor Sekolah
|
14 Orang
|
|
4
|
Staf Tata Usaha
|
3 Orang
|
|
5
|
Satpam
|
1 Orang
|
|
6
|
Cleaning service
|
1 Orang
|
|
Jumlah
|
28 Orang
|
Tabel 4. Pendidikan Tenaga Pendidik dan Kependidikan
NO
|
Pendidikan
|
Jumlah
|
KETERANGAN
|
1
|
Pasca Sarjana ( S.2 )
|
6
|
|
2
|
Pasca Sarjana ( S.1 )
|
20
|
|
3
|
Pasca Diploma ( D.3 )
|
-
|
|
4
|
Pasca Diploma ( D.2 )
|
-
|
|
5
|
Pasca Diploma ( D.1 )
|
-
|
|
6
|
SMA atau sederajat
|
2
|
|
Jumlah
|
28 Orang
|
BAB II
PELAKSANAAN
PPL
A.
Penyusunan Perencanaan Pembelajaran
Dalam penyusunan perencanaan pembelajaran yang dilaksanakan selama 2 bulan di SMP
Cokroaminoto Palopo. Mahasiswa PPL mengajarkan beberapa Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar di kelas VII diantaranya :
t Standar Kompetensi :
Ø 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga
serta menentukan ukurannya
t Kompetensi Dasar :
Ø 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga
berdasarkan sisi dan sudutnya. Terdiri dari
1 RPP.
Ø 6.2 Mengindentifikasi sifat-sifat
persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan
layang-layang.Terdiri dari 2 RPP.
Ø 6.3 Menghitung keliling dan luas bangun
segitiga dan segiempat serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.terdiri dari 3 RPP.
Ø 6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis
bagi, garis berat dan garis sumbu.Terdiri dari 2 RPP.
Tabel 5. Jadwal
kegiatan pembelajaran
NO
|
HARI /
TANGGAL
|
KELAS
|
WAKTU
|
SK
|
KD
|
MATERI AJAR
|
1.
|
Kamis,
6 Maret 2014
|
VII
|
07.30 – 09.10
|
6
|
6.1
|
ü Jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya.
ü Jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya.
|
2.
|
Selasa,
11 Maret 2014
|
VII
|
07.30 – 09.10
|
6
|
6.2
|
ü Pengertian jajargenjang,persegi,persegipanjang,belah
ketupat,trapesium,dan layang-layang menurut sifatnya.
|
3.
|
Kamis,
13 Maret
2014
|
VII
|
07.30
– 09.10
|
6
|
6.2
|
ü Sifat-sifat segiempat ditinjau dari sisi,sudut,dan
diagonalnya.
|
4.
|
Selasa,
18 Maret 2014
|
VII
|
07.30
– 09.10
|
6
|
6.3
|
ü Keliling bangun segitiga dan segiempat.
|
5.
|
Kamis,
20 Maret 2014
|
VII
|
07.30 – 09.10
|
6
|
6.3
|
ü Rumus luas bangun segitiga dan segiempat.
|
6.
|
Selasa,
27 Maret
2014
|
VII
|
07.30
– 09.10
|
6
|
6.3
|
ü Keliling bangun segitiga dan segiempat.
|
7.
|
Selasa,
15 April 2014
|
VII
|
07.30
– 09.10
|
6
|
6.4
|
ü melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya
atau satu sisi dan dua sudut.
|
8.
|
Kamis,
17 April 2014
|
VII
|
07.30 – 09.10
|
6
|
6.1
6,2
6.3
|
ü Jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya.
ü Jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya.
ü Pengertian jajargenjang,persegi,persegipanjang,belah
ketupat,trapesium,dan layang-layang menurut sifatnya.
ü Sifat-sifat segiempat ditinjau dari sisi,sudut,dan
diagonalnya.
ü Keliling bangun segitiga dan segiempat.
ü Rumus luas bangun segitiga dan segiempat.
|
9.
|
Selasa,
22 April 2014
|
VII
|
07.30
-
09.10
|
6
|
6.4
|
ü Melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki.
|
B.
Pelaksanaan
Pembelajaran
Sebelum
melaksanakan proses pembelajaran disekolah, mahasiswa PPL terlebih dahulu
melaksanakan observasi di sekolah SMP Cokroaminoto Palopo. Mahasiswa PPL
melakukan observasi sebanyak 2 kali, yaitu :
1. Observasi
pertama dilaksanakan pada hari Sabtu,
tanggal 1 Maret
2014. Mahasiswa PPL berkeliling di wilayah SMP Cokroaminoto
Palopo untuk melihat keadaan sekolah. Mengobservasi berapah jumlah
kelas,kantor,ruang BK,kantin,WC,Musholla dan perpustakaan.
2. Observasi
kedua dilaksanakan pada hari senin,tanggal 3 Maret
2014 dengan kegiatan
melakukan konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mahasiswa dengan
guru pamong, sekaligus konsultasi mengenai
jam mengajar.
Û Pelaksanaan pembelajaran dikelas / diluar kelas
Ø Pertemuan pertama
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan pertama dilakukan pada hari kamis tanggal 6 Maret
2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 – 2 pukul
07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 13 orang
siswa dari 17
siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini,
terdapat 3
siswa tanpa keterangan dan 1 siswa sakit.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga
serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar :
6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga
berdasarkan sisi dan sudutnya
Indikator : - Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan
sisi-sisinya
- Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan
besar sudutnya
Materi Pokok
: Jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan besar sudutnya.
Model dan
Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü
Mahasiswa
memperkenalkan diri
ü
Mahasiswa mengecek
kehadiran peserta didik
ü
Mahasiswa
menyampaikan materi pembelajaran
ü
Mahasiswa mengingatkan
kembali pengertian segitiga.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan besar sudutnya.
ü Mahasiswa memberikan contoh soal dan menjelaskan
langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa.
ü Mahasiswa memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
mengerjakan soal latihan, sementara itu mahasiswa memberikan arahan.
Kegiatan penutup :
ü
Mahasiswa
dan peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari.
ü
Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü
Mahasiswa
mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi
:
ü Mahasiswa
PPL :
1. Mahasiswa merasa gugup dan kewalahan menegur siswa yang
selalu membuat keributan pada saat mahasiswa memberikan pengajaran di dalam kelas.
ü
Peserta Didik :
1.
Kurang
memahami materi tentang jenis-jenis
segitiga berdasarkan sisi dan besar sudutnya.
Ø Pertemuan Kedua
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan kedua dilakukan pada hari selasa tanggal 11 Maret
2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 - 2
pukul 07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 10 orang siswa dari 17 siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini, terdapat 7 orang siswa tanpa keterangan.
Standar
Kompetensi : 6.
Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar :
6.2 Mengindentifikasi sifat-sifat
persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan
layang-layang.
Indikator : Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi,
persegipanjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.
Materi Pokok : pengertian jajargenjang, persegi,
persegipanjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.
Model dan
Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü Mahasiswa mengingatkan kembali jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisi dan besar
sudutnya.
ü Menunjuk salah satu siswa untuk menggambar jenis-jenis
segitiga di papan tulis.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa menjelaskan materi tentang pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah
ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.
ü Memberikan contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah
penyelesaiannya.
ü Memberikan soal latihan kepada siswa.
ü Membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam
mengerjakan soal latihan.
Kegiatan penutup :
ü
Mahasiswa
dan peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari.
ü
Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü
Mahasiswa
mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi
:
ü Mahasiswa
PPL :
1.
Dalam pemilihan
model pembelajaran yang akan digunakan, mahasiswa cenderung masih pasif. dan
mahasiswa juga masih belum bisa memotivasi peserta didik.
ü Peserta
Didik :
1. Dalam pembelajaran ini, peserta didik tidak mengalami
kesulitan.
Ø Pertemuan Ketiga
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan ketiga dilakukan pada hari kamis tanggal
13 Maret
2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 – 2 pukul
07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 11 orang
siswa dari 17
siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini,
terdapat 2 orang siswa yang sakit, 2 orang siswa yang izin, dan
2 orang siswa tanpa keterangan.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar :
6.2 Mengindentifikasi sifat-sifat
persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan
layang-layang.
Indikator : Menjelaskan sifat sifat segiempat ditinjau
dari sisi, sudut, dan diagonalnya.
Materi Pokok
: sifat sifat segiempat ditinjau dari sisi,
sudut, dan diagonalnya.
Model dan
Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü
Mahasiswa mengingatkan
kembali pengertian
jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium dan
layang-layang menurut sifatnya.
ü
Menunjuk beberapa
siswa untuk menjelaskan kembali pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium
dan layang-layang menurut sifatnya.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa menjelaskan sifat sifat segiempat ditinjau
dari sisi, sudut, dan diagonalnya.
ü Mahasiswa memberikan contoh soal dan menjelaskan
langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
Kegiatan penutup :
ü
Mahasiswa
dan peserta didik menyimpulkan
materi yang telah dipelajari.
ü
Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü
Mahasiswa
mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi
:
ü Mahasiswa
PPL :
1.
Dalam pembelajaran
ini, mahasiswa tidak mengalami kesulitan.
ü Peserta
Didik :
1.
Dalam pembelajaran
ini, peserta didik tidak mengalami kesulitan.
Ø Pertemuan Keempat
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan keempat dilakukan pada hari selasa tanggal 18
Maret 2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 - 2
pukul 07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 9 orang siswa dari 17 siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini,
terdapat 8 siswa tanpa
keterangan.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar :
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun
segitiga dan segiempat serta menggunakannya
dalam pemecahan masalah.
Indikator : Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat.
Materi Pokok
: keliling
bangun segitiga dan segiempat.
Model dan
Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü
Mahasiswa mengingatkan
kembali sifat
sifat segiempat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya.
ü
Menunjuk beberapa
siswa untuk menjelaskan kembali pengertian jajargenjang, persegi, persegipanjang, belah ketupat, trapesium
dan layang-layang menurut sifatnya.
Kegiatan inti :
ü
Mahasiswa menjelaskan materi tentang keliling bangun segitiga dan segiempat.
ü
Mahasiswa memberikan
contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa.
ü Mahasiswa membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam
mengerjakan soal latihan.
Kegiatan penutup :
ü
Mahasiswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
ü
Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü
Mahasiswa
mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi
:
ü Mahasiswa
PPL :
1. Dalam pembelajaran ini, mahasiswa tidak mengalami
kesulitan.
ü
Peserta Didik :
1. Dalam pembelajaran ini, peserta didik tidak mengalami
kesulitan.
.
Ø Pertemuan Kelima
Pelaksanaan
pembelajaran pada pertemuan kelima
dilaksanakan pada hari kamis
tanggal 20
Maret 2014 pada jam pelajaran 1 – 2 pukul
07.30- 09.10 wita di kelas VII, yang di ikuti oleh 11 orang siswa dari 17 siswa
keseluruhan. Dalam hal ini 1 orang yang izin, 2 orang siswa yang sakit dan 3 orang siswa tanpa keterangan.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar :
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun
segitiga dan segiempat serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
Indikator : Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat.
Materi Pokok
: rumus
luas bangun segitiga dan segiempat
Model dan
Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü
Mahasiswa mengingatkan kembali tentang keliling bangun segitiga dan segiempat.
ü
Menunjuk salah satu
siswa untuk menuliskan kembali di papan tulis rumus tentang keliling segitiga
dan segiempat.
Kegiatan inti :
ü
Mahasiswa menjelaskan materi tentang luas bangun segitiga dan segiempat.
ü
Mahasiswa
memberikan contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa.
ü Mahasiswa membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam
mengerjakan soal latihan.
Kegiatan penutup :
ü
Mahasiswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
ü
Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü
Mahasiswa
mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi
:
ü Mahasiswa
PPL :
1. Dalam pembelajaran ini, mahasiswa tidak mengalami
kesulitan.
ü
Peserta Didik :
1. Dalam pembelajaran ini, peserta didik tidak mengalami
kesulitan.
Ø Pertemuan Keenam
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan keenam dilakukan pada hari selasa tanggal 27 Maret
2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 – 2 pukul
07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 12 orang
siswa dari 17
siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini,
terdapat 5 orang siswa tanpa keterangan.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar :
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun
segitiga dan segiempat serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Indikator : Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan menghitung keliling dan luas
bangun segitiga dan segiempat.
Materi Pokok
: keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat.
Model dan
Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü
Mahasiswa mengingatkan kembali rumus mengitung keliling dan luas segitiga dan segiempat.
ü
Menunjuk salah satu
siswa untuk menuliskan kembali di papan tulis rumus tentang keliling segitiga
dan segiempat.
Kegiatan inti :
ü
Mahasiswa menjelaskan cara menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan menghitung keliling dan luas
bangun segitiga dan segiempat.
ü
Mahasiswa
memberikan contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa.
ü Mahasiswa membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam
mengerjakan soal latihan.
Kegiatan penutup :
ü
Mahasiswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
ü
Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü
Mahasiswa
mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi
:
ü Mahasiswa
PPL :
1. Dalam pembelajaran ini, mahasiswa tidak mengalami
kesulitan.
ü Peserta
Didik :
1. Dalam pembelajaran ini, peserta didik tidak mengalami
kesulitan.
.
Ø Pertemuan Ketujuh
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan ketujuh dilakukan pada hari selasa tanggal 15 April 2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 – 2
pukul 07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 13 orang
siswa dari 17
siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini,
terdapat 4 orang siswa tanpa keterangan.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar :
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis
bagi, garis berat dan garis sumbu.
Indikator : Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi
satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut
Materi Pokok
: Segitiga.
Model dan
Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü
Mahasiswa mengingatkan kembali cara menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan menghitung keliling dan luas
bangun segitiga dan segiempat.
ü
Menunjuk salah satu
siswa untuk menyelesaiakan soal di papan tulis tentang cara menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa menjelaskan cara melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya,
dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut.
ü Mahasiswa memberikan
contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.
Kegiatan penutup :
ü
Mahasiswa
dan peserta didik menyimpulkan materi
yang telah dipelajari.
ü
Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü
Mahasiswa
mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi
:
ü Mahasiswa
PPL :
Mahasiswa
tidak begitu mendapatkan kesulitan dalam mengajar.
ü Peserta
Didik :
Kurang
memahami cara melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya,
dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut
.
Ø Pertemuan Kedelapan
Pelaksanaan
pembelajaran pada pertemuan kedelapan
dilaksanakan pada hari kamis tanggal
17 April
2014 pada jam pelajaran 1 – 2 pukul
07.30- 09.10 wita di kelas VII. Pada hari ini mahasiswa
mengadakan ulangan harian yang di ikuti oleh
11 orang siswa dari 17 siswa keseluruhan. Dalam hal ini 1 orang yang izin dan 5
orang siswa tanpa keterangan. Adapun SK/KD yang masuk dalam ulangan harian
yaitu:
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga
serta menentukan ukurannya
Kompetensi
Dasar : 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan
sisi dan sudutnya
6.2Mengindentifikasi
sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan
layang-layang.
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun
segitiga dan segiempat serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kegiatan pendahuluan :
ü
Mahasiswa menyapa
siswa dan mengucapkan salam pembuka.
ü
Mahasiswa mengecek
kehadiran peserta didik.
ü
Mahasiswa menyampaikan
bahwa hari ini akan mengadakan ulangan harian.
Kegiatan inti :
ü
Mahasiswa membagikan lembar kerja kepada peserta didik.
ü Mahasiswa memperhatikan siswa yang aktif dan yang tidak
aktif menjawab soal.
Kegiatan penutup :
ü Mahasiswa mengucapkan salam penutup.
Ø Pertemuan Kesembilan
Pelaksanaan pembelajaran pertemuan kesembilan dilakukan pada hari selasa tanggal 22 April 2014 di kelas VII pada jam pelajaran 1 - 2
pukul 07.30 - 09.10 wita, yang diikuti oleh 11 orang siswa dari 17 siswa keseluruhan. Dalam pertemuan ini,
terdapat 6 orang siswa tanpa
keterangan.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga
serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar : 6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis
bagi, garis berat dan garis sumbu.
Indikator : Melukis
segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki.
Materi Pokok : Segitiga.
Model dan
Metode :
ü Model Pembelajaran Langsung.
ü Metode Ceramah dan Penugasan.
Kegiatan pendahuluan :
ü
Mahasiswa mengingatkan kembali cara melukis
segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu
sisi dan dua sudut.
ü
Menunjuk salah satu
siswa menyelesaiakan soal di papan tulis tentang cara melukis
segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu
sisi dan dua sudut.
Kegiatan inti :
ü Mahasiswa menjelaskan cara melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki.
ü Mahasiswa memberikan
contoh soal dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaiannya.
ü Mahasiswa memberikan soal latihan kepada siswa dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan dalam
mengerjakan soal latihan.
Kegiatan penutup :
ü
Mahasiswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
ü
Mahasiswa memberikan tugas pekerjaan rumah (PR).
ü
Mahasiswa
mengucapkan salam penutup.
Kesulitan yang dihadapi
:
ü Mahasiswa
PPL :
1.
Dalam pembelajaran
ini, mahasiswa tidak mengalami kesulitan.
ü Peserta
Didik :
1. Sulit mengerjakan soal tentang cara melukis segitiga sama sisi dan segitiga
sama kaki.
C. Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran
Pelaksanaan
evaluasi pembelajaran yang dilakukan mahasiswa PPL selama 2 bulan di SMP
Cokroaminoto Palopo adalah :
v Menggunakan
tes tertulis (tes uraian / pilihan ganda)
Dalam
pelaksanaan evaluasi pembelajaran di kelas VII,
mahasiswa PPL memberikan tes dalam bentuk uraian.
v Tugas akhir pelajaran
Pada
setiap akhir pembelajaran, mahasiswa
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa kelas VII sebanyak 6 kali.
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga
serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga
berdasarkan sisi dan sudutnya.
6.2.Mengindentifikasi
sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan
layang-layang.
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun
segitiga dan segiempat serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis
bagi, garis berat dan garis sumbu.
v Ulangan harian
Pada
hari kamis 17 April 2014, mahasiswa
PPL mengadakan ulangan harian sebanyak 1
kali
dikelas VII dengan SK/KD:
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga
serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga
berdasarkan sisi dan sudutnya.
6.2.Mengindentifikasi
sifat-sifat persegipanjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan
layang-layang.
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun
segitiga dan segiempat serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
D.
Kegiatan
Ekstrakurikuler Dan Tugas Lain
t Kegiatan
Ekstrakulikuler
Selama
melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Cokroaminoto
Palopo, mahasiswa PPL tidak dilibatkan dalam kegiatan Ekstrakurikuler.
t Tugas-Tugas Lain
1. Mahasiswa mengkuti pelaksanaan upacara bendera bersama dengan rekan guru, staf tata usaha, teman mahasiswa
lainnya, dan seluruh siswa-siswi SMP
Cokroaminoto Palopo yang dilaksanakan pada setiap hari senin dilokasi SMP
Cokroaminoto Palopo.
2. Mahasiswa mendampingi teman PPL yang sedang mengikuti
proses pembelajaran di kelas VIII.
3. Mahasiswa mengikuti baksos/jumat
bersih bersama dengan teman Mahasiswa PPL dan
seluruh
siswa-siswi SMP Cokroaminoto Palopo yang diadakan
pada setiap hari jumat dilokasi SMP Cokroaminoto
Palopo.
BAB III
IDENTIFIKASI MASALAH
DAN PEMECAHANNYA
A.
Identifikasi
Masalah
t Permasalahan dalam pelaksanaan PPL
Hal-hal yang menjadi kendala mahasiswa PPL dalam melaksanakan Program
Pengenalan Lapangan (PPL) selama 2 bulan di SMP Cokroaminoto Palopo adalah :
1.
Kurangnya sarana
dalam proses pembelajaran, contohnya jarang siswa yang memiliki buku paket.
2.
Kurangnya
kedisiplinan bagi peserta didik.
3.
Kurangnya waktu
mempersiapkan diri untuk mengajar karena jadwal kuliah padat dan banyak
tugas-tugas lain dari kampus.
4.
Mahasiswa PPL
kewalahan mengatur peserta didik karena sebagian peserta didik tidak mau
mendengar arahan dari mahasiswa PPL.
5.
Jarak lokasi PPL
dengan tempat tinggal mahasiswa yang jauh.
t Permasalahan dalam proses kegiatan
belajar mengajar
Dari
identifikasi masalah diatas maka penulis menyimpulkan permasalahan yang dilanda
mahasiswa PPL dan
peserta didik kelas VII di SMP Cokroaminoto Palopo dalam
pelaksanaan proses kegiatan belajar
mengajar yaitu:
Ø Kendala Mahasiswa PPL
1. Mahasiswa merasa
gugup dan kewalahan menegur siswa yang selalu membuat keributan pada saat
mahasiswa memberikan pengajaran di dalam kelas.
2. Pemilihan model
pembelajaran yang akan digunakan, mahasiswa cenderung masih pasif. Dan
mahasiswa juuga masih belum bisa memotivasi peserta didik.
Ø Kendala Peserta Didik
1. Kurang memahami materi tentang jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi dan
besar sudutnya.
2. Kurang memahami cara melukis segitiga yang diketahui tiga
sisinya,dua sisi atau satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut.
B.
Pemecahan
Dari beberapa identifikasi permasalahan
dalam proses pembelajaran di atas, adapun beberapa cara yang dilakukan oleh
mahasiswa demi pemecahan masalah tersebut yaitu:.
1.
Agar siswa memahami
materi tentang jenis-jenis segitiga
berdasarkan sisi dan besar sudutnya, maka mahasiswa PPL memberikan solusi
antara lain :
a.
Menggunakan
metode pembelajaran snowballthrowing
b.
Menerapkan
peta konsep segitiga
c.
Menggunakan metode
discovery
d.
Menggunakan alat peraga
pada proses pembelajaran
e.
Memberikan contoh soal
dan membimbing siswa hingga siswa mengerti.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1. Adapun
yang menjadi tujuan program pengenalan lapangan (PPL) ini adalah agar mahasiswa
sebagai calon pendidik harus dapat menguasai serta dapat menerapkan dan
mengaplikasikan berbagai kemampuan serta utuh dan terintegrasi dalam situasi
yang nyata. Tanpa adanya bantuan dan koreksi dari pihak yang terkait baik dalam
keterampilan dasar mengajar, keterampilan non mengajar, maupun dalam
pelaksanaan praktek-praktek tugas lainnya.
2. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan media begi
calon pendidik untuk mengaplikasikan ilmu yang di dapatkan dari kampus dengan
realita yang terjadi di lapangan.
3. Dengan adanya PPL yang dilaksanakan pada SMP Cokroaminoto
Palopo, Mahasiswa PPL merasa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Mulai
dari persiapan perencanaan pembelajaran dan juga kerja sama antara guru pamong
dan guru yang lain sangatlah baik yang pada akhirnya memudahkan pelaksanaan
PPL.
4. Kondisi di lapangan tidak selalu sesuai dengan teori dan
keadaan yang di dapatkan di bangku kuliah. Oleh karena itu, seorang calon guru
harus siap menghadapi kondisi apapun dalam melaksanakan tugasnya sebagai
seorang pendidik.
B.
Saran
1. Sekolah : Agar kedisiplinan dan
kebersihan dapat ditingkatkan.
2. Guru
pamong : Sikap terbuka dan
komutatif dalam mengarahkan mahasiswa PPL sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
3. Peserta
Didik : Lebih meningkatkan cara
belajarnya agar mudah dalam penguasaan
konsep materi yang diberikan oleh guru dan hendaknya
siswa menyiapkan diri dari rumah dengan mempelajari materi yang akan dipelajari
selanjutnya serta rajin mengerjakan soal-soal latihan.
4. Pembimbing : Pemilihan tempat PPL
lebih diperhatikan demi keberhasilan dan kualitas yang tercapai oleh praktikan
setelah melaksanakan kegiatan PPL
dan hendaknya dosen pembimbing lapangan selalu datang ke lokasi PPL untuk
mengontrol para mahasiswa agar tujuan PPL lebih mudah tercapai.
Demikian laporan PPL ini dibuat mudah-mudahan dapat
bermanfaat bagi kita semua dan mohon maaf atas segala kekurangan yang telah
diberikan serta diucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak dalam hal ini
yang banyak membantu dalam pelaksanaan PPL ini hingga selesai.
DEMIKIAN CONTOH LAPORAN ppL mudahan dapat bermamfaat bagi kita semua
haerul 2014
haerul 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar