Jumat, 06 Juni 2014

RPP STATISTIKA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah               :
Mata Pelajaran              : Matematika
Kelas / semester           : VII / Genap
Alokasi Waktu              : 40 Menit
I.                   Standar Kompetensi
Menggunakan aturan statistika (pengolahan,penyajian,penafsiran) dalam pemecahan masalah.

II.           Kompetensi dasar
Siswa dapat menggunakan aturan dan rumus-rumus statistika serta dapat menyajikan suatu data.

III.        Indikator
1.       Siswa dapat membedakan pengertian populasi dan sampel.
2.       Siswa dapat membuat table untuk data tunggal dan data yang di klompokkan.
3.       Siswa dapat menghitung mean, median, dan modus dari data yang diberikan.

IV.         Tujuan Pembelajaran
1.    Membaca data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi
2.    Menafsirkan kecendrungan data dalam bentuk tabel
3.    Menentukan ukuran pemutusan data : rataan , median , modus
4.    Menentukan ukuran letak data : kuartil dan desil

V.            Materi Prasyarat
1.       Populasi dan sampel
2.       Data tunggal & kelompok
3.       Mean, median dan Modus

VI.         Materi Pelajaran
1.    Pengertian populasi dan sampel
2.    Penyajian Data dalam bentuk tabel
3.    Mean ( Rataan hitung)
4.    Median ( Nilai tengah)
5.    Modus (Nilai yang sering muncul)

VII.      Model Metode Pembelajaran
1.       Model Pembelajaran Jigsaw
2.       Metode Pembelajaran Ceramah, Kelompok



VIII.   Skenario Pembelajaran

Tahapan Pembelajaran
1.       Kegiatan awal

No
Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Alokasi Waktu
1.                   
Memberi salam sekaligus memaparkan tujuan pembelajaran
Memberi salam, mendengarkan
2 Menit

2.       Kegiatan inti
No
Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Alokasi Waktu
1.
Menyampaikan materi pembelajaran
Mendengar dan mengikuti prosedur pembelajaran dan bertanya
8 Menit
2.
Membagi kelompok dan membantu siswa mendiskusikan materi
Mendiskusikan materi secara berkelompok
15 Menit
3.
Menilai hasil kelompok
Memaparkan hasil kelompok
10 Menit
4.
Evaluasi
Mendengar evaluasi
3 Menit

3.       Kegiatan akhir
No
Aktifitas Guru
Aktifitas Siswa
Alokasi Waktu
1.
Memberi tugas rumah
Mendengar dan mencatat soal
2 Menit

IX.         Sumber pembelajaran
1.       Buku matemarika untuk SLTP Kelas VII Ponco Sudjatmiko, M.Si, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri : Solo 1999

X.            Penilaian
1.       Teknik           : Tertulis
2.       Bentuk          : Esay
3.       Intrumen       : Soal

1.       Tentukan manakah yang merupakan sampel dan manakah yang dinyatakan populasi dibawah ini:
a.       Seorang mengambil satu batang korek api dari sekotak korek api untuk dinyalakan.
b.       Bu Dewi akan membeli 5 kg gram apel. Sebelum membeli ia mencicipin 2 buah dari sekeranjang apel.

2.       Dalam suatu olahraga, setiap siswa di beri waktu 45 detik untuk melempakan bola basket. Hasil pelemparan bola basket yang masuk dari 40 siswa tercatat sebagai berikut :
7       7          8          12         10         10         10         10         9          11
14     12         13         12         10         11         11         8          9          14
11     12         13         7          14         8          14         8          9          14
12     9          10         13         10         11         11         10         11         12
Dari data di atas, buatlah table distribusi frekuensi data tunggal !
3.       a. Tentukan mean, median, dan modus dari data : 6, 3, 2, 4, 3, 4, 0, 4, 1, 7 !
No
Penyelesaian
Skor
1


2


3














4
Populasinya adalah sekotak korek api
Sampelnya adalah sabatang korek api

Populasinya adalah sekeranjang apel
Sampelnya adalah 2 buah apel

Table distribusi frekuensinya adalah sabagai berikut :

Jumlah bola yang masuk
Frekuensi
7
3
8
4
9
4
10
8
11
7
12
6
13
3
14
5
Jumlah
40

·         Mean dari data tersebut adalah

  = 
     = 3,4
·         Untuk menentukan median, data tersebut diurutkan terlebih dahulu menjadi : 0, 1, 2, 3, 4, 4, 4, 6, 7
Karena banyak data = 10 maka mediannya diperoleh dari jumlah data ke-5 dan ke-6 dibagi 2
Median  : Me =

·         Data yang paling sering muncul adalah 4 maka modus  = 4
5
5

5
5


20















5


5

5





5

LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)

PENDAHULUAN
          Jika kamu melakukan penelitian atau percobaan terhadap masalah tertentu maka akan diperoleh data. Data tersebut dapat berupa kumpulan angka atau keterangan. Selanjutnya kumpulan data yang kamu peroleh disebut data statistik. Bagaimanakah penyajian data agar lebih menarik dan mudah di pahami ?
Dalam perkembangannya,statistika sekarang banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang seperti bidang ekonomi,kedokteran,pertanian dan sebagainya. Dalam bab ini, anda akan belajar menggunakan aturan statistika sehingga dapat membaca dan menyajikan data dalam bentuk tabel dan berbagai diagram serta menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak,dan ukuran penyebaran dan besar penafsirannya.

RINGKASAN MATERI
A.PENGERTIAN POPULASI  DAN SAMPEL
          Populasi adalah himpunan semua objek yang akan diteliti sifat-sifat anggotannya, sedangkan sampel adalah himpunan bagian dari populasi yang anggotannya dijadikan contoh penelitian.
           
B. PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK TABEL
   1. Data Tunggal
Data tunggal didefenisikan sebagai daftar bilangan-bilangan yang mempunyai satuan sama seperti cm, orang atau tahun.
Data tunggal biasanya dinyatakan dengan atau dinyatakan dalam bentuk tabel distribusi frekuansi seperti berikut.
Nilai
X1
X2
X3
.......
Xn
Frekuensi
F1
F2
F3
.......
Fn

2.      Data kelompok

Daftar ditribusi frekuensi dari suatu data yang ukurannya sangaat besar dapat dibuat dengan mudah jika data tersebut dikelompokam terlebih dahulu menjadi beberapa kelas setiap kelas mempunyai interval yang sama.


C. MEMAHAMI UKURAN PEMUSATAN DATA
1. Rataan Hitung ( Mean)
          

          atau
 
           
2.Nilai Tengah (Median)
Median adalah banyaknya ukuran yang membagi data yang sudah diurutkan menjadi dua bagian yang sama banyak (nilai tengah)
A.             Data Distribusi Tunggal

Pada statistik peringkat atau data yang telah diurutkan , median didefinisikan berikut.
1.              Nilai dalam yang di tengah jika ukuran data (n) ganjil, yaitu 
2.              Setengah dari jumlah dua data dalam yang di tengah jika ukuran data (n) genap, yaitu:

B.             Data Distribusi Kelompok

Untuk daftar distribusi kelompok median dirumuskan sebagai berikut
 di mana:
                                    Me = median
                                    Bb = tepi bawah kelas median
                                    P   = panjang kelas
                                    n   = ukuran data
                                    =  frekuensi kumulatif sebelum kelas yang
mengandung median                     
                                                 frekuensi kelas yang mengandung median
C.             Modus
Modus didefinisikan sebagai datum yang sering muncul atau datum yang mempunyai frekuensi besar. Untuk daftar distribusi kelompok, data modus dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut
Di mana:
                        Mo = modus
                        Bb = tepi bawah kelas modus
                        P   = panjang kelas
                                    =  selisih frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas sebelumnya   
                                     selisih frekuensi kelas modus dengan frekuensi kelas sesudahnya.

Soal latihan
1.         Dari pernyataan berikut, tentukan  mana yang merupakan sampel dan mana yang merupakan populasi !
Untuk mengetahui pemahaman tentang gizi di sebuah kecamatan, seorang peneliti bertanya kepada 100 orang yang berkunjung ke Puskesmas.

2.         Tentukan median dari masing-masing data berikut !
a. 7, 9, 10, 8, 7, 12, 11, 10
b. 25 m, 19 m, 16 m, 15 m, 20 m.
c. 10 kg, 12 kg, 20 kg, 15,5 kg, 14,5 kg, 17 kg.
3.         Hasil ulangan Fisika dari 40 siswa adalah sebagai berikut :
2 orang memperoleh nilai 10,                  12 orang memperoleh nilai 6
3 orang memperoleh nilai 9,                    4 orang memperoleh nilai 5
5 orang memperoleh nilai 8,                    4 orang memperoleh nilai 3
10 orang memperoleh nilai 7,
Tentukan mean, median dan modus dari data di atas !

4.       Berikut ini adalah data hasil ulangan pelajaran Matematika dari 40 siswa.

42         58         60         58         73         48         55         57
59         70         50         82         58         52         53         30
85         53         75         55         52         53         58         44        
48         53         52         57         54         60         45         63
60         25         65         72         54         55         68         28

Dengan menggunakan data di atas lengkapilah tabel distribusi.

Nilai
Turus
Frekuensi
25 -29
30 - 34
35 - 39
40 - 44
45 - 49
50 - 54
55 - 59
60 - 64
65 - 69
70 - 74
75 - 79
80 - 84
85 - 89


Tidak ada komentar:

Posting Komentar